Pages

Laskar Atas Angin

Kamis, 08 Juli 2010

Syaikh Ahmad al-Faruq as-Sirhindi QS

"Jika Allah menyebabkan seseorang pendekatan-Nya, 

Dia mengungkapkan diri-Nya kepadanya sebagai objek keinginannya, tanpa dia tahu,
Seperti api Musa, yang ia melihat melalui mata kebutuhan nya,
Dan siapa adalah Ketuhanan yang dia tidak mengenali.
Jika engkau mengerti, kata saya
Engkau tahu, bahwa engkau perlu bentuk nyata:
Jika Musa mencari sesuatu yang lain selain api
Dia akan melihat Dia dalam itu, dan tidak terbalik. "
Ibnu c Arabi, Fusus Al-Hikam
Dia adalah Mutiara dari Mahkota Orang-orang Suci Diketahuinya. Dia adalah Harta Karun Mereka yang Datang Sebelum dan Mereka yang Datang Setelah. Dalam dirinya adalah gabungan semua nikmat dan kemurahan hati. Dia adalah Sinai dari Manifestasi Ilahi, Pohon Lote terjauh dari Pengetahuan Unik, dan Air Mancur dari Nabi Pengetahuan Tersembunyi. Dia Genius Sarjana dan ia adalah Sultan Bumi, yang tersenyum ketika dia lahir dan dihormati oleh keberadaannya. Dia adalah sempurna sempurnalah Panduan.Dia adalah penelpon ke Kehadiran Allah yang Maha Esa Quthb dan Unik Imam Surgawi. Dia adalah minuman keras dari Milenium Kedua, Sayyidina wa Mawlana (Pemimpin dan Master) ash-Syaikh Ahmad al-Faruqi as-Sirhindi, Syaikh bin-abu c bin Abdul Ahad l-c-Abidin bin Zainu dari Abdulhayy c, putra putra Muhammad Habibullah, putra uddin c Rafi, putra dari Nur, putra dari Sulaiman bin Yusuf bin c Abdullah bin Ishaq, Abdullah bin c, c ayb bin Shu, bin Ad bin Yusuf bin Shihabuddin, yang dikenal sebagai al-Farq Qabidi Shah bin Nairuddin bin Mahmud bin Sulaiman bin Mas ud c, c bin Abdullah al-Wa c i al-Asghari, bin Abdullah al c Wa c-i al-Akbar, bin Abdu-l-Fattah, bin Ishaq bin Ibrahim bin Nair bin Abdullah Sayyidina c (r), bin Amir al-Mu'minin, yang Khalif dari Nabi SAW , C Sayyidina Umar al-Faruq (r).
Ia dilahirkan pada hari 'Asyura, 10 Muharram pada tahun 971 H., di desa Sihar Nidbasin. Dalam beberapa terjemahan itu disebut Sirhind di kota Lahore, di India. Ia menerima pengetahuan dan pendidikan melalui ayahnya dan melalui berbagai Syekh pada zamannya. Dia membuat kemajuan dalam tiga tariqat: Suhrawardiyya, Qadiriyyah, dan Chistiyya. Ia diberi izin untuk melatih pengikut dalam ketiga tariqat pada usia 17 tahun. Dia sibuk dalam menyebarkan ajaran tariqat ini dan dalam membimbing pengikutnya, tetapi dia merasa bahwa ada sesuatu yang hilang dalam dirinya sendiri dan ia terus mencarinya. Dia merasa suatu kepentingan Sufi Order Naqshbandi, karena ia dapat melihat dengan cara rahasia dari tariqat lain tiga bahwa itu yang terbaik dan tertinggi. kemajuan spiritual-Nya akhirnya membawanya ke hadapan Ghawth dan Quthb di zamannya, abu-Syaikh Muhammad al-Baqi, yang dikirim dari Samarqand ke India atas perintah Syaikh, Muhammad al-Amkanaki. Dia mengambil Orde Naqshbandi dari Syaikh dan tinggal bersamanya selama dua bulan dan beberapa hari, hingga Sayyidina Muhammad al-Baqi terbuka hatinya rahasia tariqat ini dan memberinya otorisasi untuk melatih murids dalam Ordo. Dia berkata tentang dia, "adalah Dia yang Quthb tertinggi saat ini."
Nabi SAW meramalkan kedatangan di salah satu hadis ketika ia berkata, "Akan ada di antara bangsa saya seorang pria bernama Silah. Dengan perantaraan-Nya banyak orang akan diselamatkan." Hal itu disampaikan dalam koleksi Suyuti, Jam c ul-Jawami c. Apa yang dikonfirmasi kebenaran hadis ini adalah apa yang Imam Rabbani menulis tentang dirinya sendiri: "Allah telah membuat saya Silah antara dua lautan koneksi." Silah berarti "." Jadi, ia berarti bahwa Tuhan telah membuatnya koneksi antara dua samudera - dua pengetahuan, eksternal dan internal. Mir Syaikh Husamuddin berkata, "Aku melihat Nabi SAW dalam salah satu mimpi saya berdiri di mimbar (mimbar) dan memuji Syaikh Ahmad as-Sirhindi. Nabi SAW berkata, "Saya bangga dan senang dengan kehadirannya di antara bangsa saya. Allah telah membuatnya menjadi minuman keras agama." "
Banyak orang-orang kudus meramalkan kedatangan-Nya. Salah satunya adalah Syaikh Ahmad al-Jami (q). Dia berkata, "Setelah aku akan muncul tujuh belas orang Umat Allah, yang semuanya bernama Ahmad dan yang terakhir di antara mereka akan berada di kepala dari milenium. Dia akan menjadi yang tertinggi dari mereka dan ia akan untuk menerima keadaan Pembukaan Dia akan menghidupkan kembali agama ini.. "
Lain untuk memprediksi munculnya adalah Mawlana Khwaja al-Amkanaki (q). Dia berkata kepada Khalif Nya, "Seorang pria dari India akan muncul.. Dia akan menjadi Imam-nya abad Dia akan dilatih oleh Anda, sehingga tergesa-gesa untuk bertemu dengannya, karena umat Allah sedang menunggu kedatangannya." Muhammad al-Baqi (q) berkata, "Itulah sebabnya aku pindah dari Bukhara ke India." Ketika mereka bertemu, dia berkata kepadanya, "Engkau adalah seseorang yang penampilan Syaikh Muhammad Khwaja al-Amkanaki diperkirakan.. Ketika aku melihat kamu, aku tahu kau adalah Quthb Anda waktu Ketika saya memasuki wilayah Sirhind di India, aku menemukan lampu yang begitu besar dan sangat terang yang cahayanya sampai ke langit. Semua orang mengambil dari cahaya lampu itu. Anda lampu itu. "
Dikatakan bahwa Syaikh ayahnya, Syaikh Abdul c Ahad, yang adalah seorang Syaikh Orde Qadiri, telah diberi jubba (jubah) dari Syaikh-nya yang telah diwariskan dari Ghawth al-Azam, Sayyidina Abdul c Qadir al-Jilani (q). C Sayyidina Abdul Qadir telah mengatakan tentang hal itu kepada penggantinya, "Simpan saja untuk yang satu yang akan muncul di akhir milenium pertama. Namanya Ahmad.. Dia akan menghidupkan kembali agama ini saya telah berpakaian Nya dengan segenap rahasia saya.. Dia menggabungkan dalam dirinya sendiri baik internal maupun eksternal pengetahuan "

The Seeking Para Raja dan Raja Mencari
Sayyidina Ahmad Al-Faruqi berkata,
"Ketahuilah kepada Anda bahwa Wali Surgawi saya tertarik karena mereka ingin aku tertarik, dan Mereka difasilitasi untuk saya perjalanan melalui ruang dan waktu (di-tayy) di negara-negara yang berbeda dari pencari. Saya menemukan bahwa Allah adalah Intisari dari semua materi, seperti yang telah dikatakan oleh Rakyat tasawuf. Lalu aku menemukan Tuhan dalam segala hal tanpa inkarnasi (hulul).. Lalu aku menemukan Tuhan bersama semua dengan materi Lalu aku melihat-Nya di atas segalanya dan kemudian aku melihat Nya segala sesuatu berikut. Akhirnya aku mencapai keadaan di mana aku melihat-Nya dan aku melihat apa-apa lagi.. ini adalah apa yang dimaksud dengan istilah, Menyaksikan Kesatuan, yang juga merupakan negara bagian Penyirnaan (fana ') Itu adalah langkah pertama dalam kesucian, dan negara tertinggi di Awal Jalan. Visi ini muncul pertama di horison, kemudian kedua di Diri. Lalu aku telah mengangkat ke stasiun Subsistence (baqa ') yang merupakan langkah kedua dalam kesucian.
"Ini adalah stasiun yang banyak orang kudus tidak berbicara tentang karena mereka tidak mencapai itu.. Semua mereka berbicara tentang stasiun Penyirnaan, tapi berikut bahwa negara Subsistence Dalam bahwa negara saya menemukan semua ciptaan lain kali, tapi saya menemukan bahwa esensi dari semua ciptaan Allah, dan itu esensi Allah adalah esensi tentang diriKu sendiri.. Lalu aku mendapati Allah dalam segala hal, tetapi dalam kenyataan di diri saya dibesarkan ke keadaan yang lebih tinggi, untuk menemukan Allah dengan segala sesuatu, tetapi pada kenyataannya Dia dengan diriku sendiri. Kemudian aku diangkat untuk melihat-Nya sebelum segala sesuatu, tetapi pada kenyataannya Dia sebelumnya diriku sendiri,. Kemudian aku diangkat ke keadaan di mana Dia mengikuti semua tapi kenyataannya Dia mengikuti sendiri. Lalu aku melihat Dia dalam segala hal, tetapi pada kenyataannya Dia dalam diriku sendiri. Lalu aku melihat segalanya dan aku tidak melihat Tuhan awal. Dan ini adalah akhir dari Stasiun dimana Mereka telah membawa saya kembali untuk. Singkatnya, mereka mengangkat saya ke Stasiun Penyirnaan, kemudian ke stasiun Keberadaan, kemudian mereka dibawa kembali bersama orang-orang, di Stasiun rakyat.. ini adalah tertinggi negara dalam membimbing orang ke Kehadiran Allah Ini adalah keadaan sempurna dari bimbingan, karena cocok pemahaman manusia. "
Dia berkata, "hari ini saya menemani orang yang telah mencapai Akhir Ends, yang Qutub semua Makhluk, Manusia Sempurna, Syaikh Muhammad al-Baqi. Melalui padanya aku menerima berkah luar biasa, dan berkat-Nya aku diberi daya tarik yang memungkinkan saya untuk mencapai setiap manusia bahwa Allah telah menciptakan. Saya merasa terhormat untuk mencapai stasiun yang menggabungkan keadaan akhir dengan keadaan Awal. aku mencapai semua negara yang Mencari dan aku mencapai akhir, yang merupakan arti dari 'Menggapai nama ar-Rabb' (Pemelihara), dengan dukungan Singa Allah, Asadullah, c Ali Abi Talib ibin, Semoga Allah memuliakan wajahnya. aku diangkat ke negara yang mempunyai Arasy, yang merupakan Realitas Kebenaran Muhammad SAW, Dengan dukungan(madad) dari Syaikh Baha'uddin Shah Naqshband. Kemudian aku diangkat lebih tinggi, dengan keadaan Kecantikan, yang merupakan keadaan Kebenaran dari Qutbs Muhammad, dengan dukungan Roh Kudus Nabi.
"Aku didukung oleh Syaikh Ala` addin al-Attar, dari siapa saya menerima negara bagian Greatest Spiritual Polandia (al-qutubiyyati-l-c uzma) dari Hadirat Muhammad SAW Perawatan. Kemudian Allah Surgawi menarik perhatian saya dan saya naik ke suatu Negara yang berada di luar yang dari Qutubs, Asli Khusus Negara. Di sini dukungan dari al-Ghawth al A c-Zam, Abdul Qadir Jilani (q) mendorongku ke Negara Asal Origin. Kemudian aku diperintahkan untuk kembali turun, dan saat aku turun aku melewati semua 39 tariqat selain Naqshabandiyyah dan Qadiriyyah. Aku melihat di negara bagian Syekh mereka dan mereka menyapa saya dan memberi hormat pada saya dan mereka melemparkan saya semua harta mereka dan semua pengetahuan pribadi mereka, yang memperkenalkan kepada saya realitas yang tidak pernah mengungkapkan kepada siapa pun dalam waktu saya.
"Kemudian pada keturunan saya bertemu Khidir AS , Dan dia menghiasi saya dengan Pengetahuan Surgawi (c Ilmu-l-ladunni) sebelum aku mencapai keadaan Qutubs. "
"Abu Dawud berkata dalam sebuah hadis otentik bahwa Nabi SAW berkata, "Allah akan mengirimkan pada awal abad oleh setiap orang yang menganggap agama akan dihidupkan kembali," tetapi ada perbedaan antara minuman keras Abad dan minuman keras dari Milenium. Hal ini seperti perbedaan antara 101.000. "
"Dalam visi, Nabi SAW memberi saya kabar baik: "Anda akan menjadi pewaris spiritual dan Allah akan memberikan otoritas untuk memberi syafaat atas nama ratusan ribu pada hari kiamat." Dia berikan kepada saya dengan tangan sucinya wewenang untuk membimbing orang, dan ia berkata kepadaku, 'Tidak pernah sebelumnya saya mengingat bahwa otoritas untuk membimbing orang-orang. ""
"Pengetahuan itu muncul dari saya adalah berasal dari negara bagian kesucian, tapi aku menerimanya dari cahaya Nabi Muhammad SAW. Orang-orang Suci tidak dapat melahirkan pengetahuan tersebut, karena berada di luar pengetahuan orang-orang kudus. Ini adalah Pengetahuan tentang Intisari dari Agama ini dan esensi dari pengetahuan tentang esensi Allah dan Atribut. Tidak ada yang sebelum telah berbicara tentang hal itu dan Allah telah memberikan saya untuk menjadi orang yang menghidupkan kembali agama di milenium kedua. "
"Allah memperkenalkan kepada saya Rahasia yang Maha Esa dan Dia menuangkan ke dalam hatiku segala macam Spiritual Pengetahuan dan perbaikan perusahaan. Ia mengumumkan kepada saya Rahasia yang ayats Qur'an sehingga yang saya temukan di bawah setiap surat Qur ' sebuah samudra pengetahuan semua menunjuk ke Esensi Tinggi Allah Maha Kuasa dan Maha Agung,. Jika saya adalah untuk mengungkapkan satu kata dari makna, mereka akan memotong saya kepalanya seperti yang mereka lakukan untuk Hallaj dan Ibn 'Arabi. ini adalah arti hadits Nabi SAW , Dalam Bukhari, diriwayatkan oleh Abu Huraira (r), "Nabi SAW menuangkan ke dalam hatiku dua macam pengetahuan, salah satu yang saya telah mengungkapkan dan yang lain jika aku mengungkapkan mereka akan memotong leherku. "
"Allah Maha Kuasa dan Maha Agung, telah menunjukkan semua nama orang-orang yang memasuki Thariqat kita, dari hari Sayyidina Abu Bakar (r) untuk hari kiamat, baik laki-laki dan perempuan, dan mereka semua akan masuk Paradise, dengan perantaraan Syekh dari Thariqat itu. "
"Al-Mahdi akan menjadi salah satu pengikut Thariqat ini."
"Suatu hari aku berada di asosiasi dengan pengikut saya melakukan zikir dan datang ke hati saya bahwa saya telah melakukan sesuatu yang salah. Kemudian Allah membuka mata saya," Aku telah mengampuni siapapun yang duduk dengan Anda dan siapa pun meminta syafaat dengan cara Anda. '"
"Allah telah menciptakan aku dari sisa dari Nabi-Nya SAW . "
"The ba c Ka selalu datang dan membuat tawaf (circumambulation) di sekitar saya."
"Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Agung berkata kepada saya," Siapa pun untuk siapa Anda berdoa janaza (pemakaman doa) akan diampuni, dan jika ada campuran bumi dari kubur Anda dengan bumi kuburan mereka, mereka akan diampuni. ""
"Allah berfirman," Aku telah memberikan kamu hadiah khusus dan kesempurnaan yang tak seorangpun akan menerima selain Anda sampai saat Mahdi. ""
"Allah memberi saya kekuatan luar biasa dari bimbingan. Bahkan jika saya langsung bimbingan saya ke sebuah pohon mati, akan menjadi hijau."
Salah satu Syaikh besar menulis surat kepada dia bertanya, "yang menyatakan bahwa Anda mencapai dan Anda berbicara tentang, apakah para Sahabat menerima mereka, dan jika mereka melakukannya, apakah mereka menerima mereka pada satu waktu atau mereka menerima mereka di waktu terpisah?" Dia menjawab, "Aku tidak dapat memberikan jawaban kecuali jika Anda datang ke hadirat-Ku." Ketika Syaikh datang, ia segera memperkenalkan kepadanya realitas spiritual dan membersihkan kegelapan dari hatinya hingga Syaikh tersebut jatuh bersujud di kakinya dan berkata, "Aku percaya, aku percaya! Aku melihat bahwa negara-negara ini semua diwahyukan kepada Sahabat hanya dengan melihat Rasul SAW. "
Suatu kali di bulan puasa, Ramadhan, ia diundang oleh sepuluh murids untuk berbuka bersama mereka. Ia menerima undangan dari masing-masing. Ketika tiba saatnya untuk berbuka, dia hadir di setiap rumah mereka, buka puasa, dan mereka melihatnya di masing-masing rumah mereka pada saat yang sama.
Suatu kali ia menatap langit dan hujan turun. Dia berkata, "O berhenti hingga hujan dan jam tersebut." Itu berhenti sampai waktu yang tepat katanya, setelah itu mulai hujan lagi.
Suatu kali Raja memerintahkan agar seorang pria dihukum mati. Orang itu datang ke Syaikh Amad dan berkata, "Silakan menulis penundaan eksekusi bagi saya Sultan." Dia menulis kepada, "Jangan mengeksekusi orang ini." Sultan takut Sayyidina Ahmad al-Faruqi dan mengampuni orang itu.
Suatu kali murid yang dibuat niat untuk mengunjungi Syaikh Ahmad al-Faruqi (q). Dalam perjalanan dia diundang untuk menjadi tamu seorang pria yang tidak menyukai Syaikh tersebut. Murid, bagaimanapun, tidak tahu ini. Setelah makan malam, tuan rumah mulai mendzolimi Syaikh tersebut. Saat ia pergi tidur malam itu, dalam hatinya dia berkata, "Ya Allah, Aku datang untuk mengunjungi Syaikh, bukan untuk mendengar seseorang kutukan Syaikh tersebut. Maafkan aku." Lalu ia tidur dan ketika ia terbangun ia menemukan bahwa orang itu meninggal. Dia pergi ke Syaikh cepat dan mulai menceritakan cerita. Sayyidina Ahmad al-Faruqi mengangkat tangannya dan berkata, "Stop! Tidak perlu untuk menceritakan apa yang terjadi.. Aku adalah orang yang menyebabkannya"
Dia berkata,
"Aku diberi wewenang untuk memberikan Thariqat dalam tiga tariqat: Naqshbandi, Suhrawardi dan Chistiyya."
Dia begitu terkenal bahwa para ulama pengetahuan eksternal pada zamannya menjadi cemburu padanya. Mereka menghadap raja dan berkata kepadanya, "Ia mengatakan hal-hal yang tidak diterima dalam agama." Mereka mendorong Raja sampai ia menempatkan dia di penjara. Dia tinggal di penjara selama tiga tahun. Putranya, Syaikh Sayyid, berkata, "Dia berada di bawah pengamanan yang sangat ketat di penjara.. Pengawal itu dikelilingi setiap kamar di sisi Namun setiap hari Jumat ia akan terlihat di masjid besar. Tidak peduli berapa banyak keamanan ia berada di bawah, dia akan menghilang dari penjara dan muncul di masjid. " Dari mereka tahu mereka tidak bisa meletakkan di belakang bar dan karena itu mereka membebaskannya.
Dia menulis banyak buku, salah satu yang paling terkenal di antaranya adalah Maktubat tersebut.
Di dalamnya ia berkata,
"Ini harus diketahui bahwa Allah telah menempatkan kami di bawah Kewajiban-Nya dan Larangan-Nya. Allah berfirman," Apa pun Nabi memberimu, ambillah, dan apa pun yang dilarang kamu, biarkan saja. "[59:7] Jika kita akan tulus dalam hal ini, kita harus mencapai ke Penyirnaan dan kasih esensi itu.. Tanpa ini dapat kita tidak mencapai tingkat ketaatan Jadi kita berada di bawah kewajiban lain, yaitu mencari Jalan Sufisme, karena Jalan ini akan membawa kita dengan keadaan Penyirnaan dan kasih esensi itu. Setiap Orde berbeda dari yang lain di negara-negara yang kesempurnaan, demikian juga setiap Orde menjaga Sunnah Nabi SAW dan memiliki definisi sendiri tentang apa yang memerlukan. Setiap order memiliki cara sendiri untuk mempertahankan Sunnah Nabi SAW membutuhkan kami. Order, melalui Syekh, kita menyimpan semua perintah Nabi SAW dan untuk meninggalkan semua hal-hal yang dilarang. Syekh kami tidak mengikuti cara-cara mudah (rukhas) tetapi bersikeras mempertahankan cara-cara yang sulit. Dalam semua mereka mencari mereka mengingat ayat Qur'an, 'Pria yang tidak bisnis atau perdagangan akan mengalihkan dari mengingat [24:37 Allah'].
"Dalam perjalanan menuju ke pembukaan dari Realitas Ilahi, pencari bergerak melalui berbagai tahapan pengetahuan dan kedekatan dengan Tuhan-Nya:
- "Pindah ke Allah adalah pergerakan vertikal dari stasiun bawah ke stasiun yang lebih tinggi; sampai gerakan melampaui waktu dan ruang dan semua negara larut dalam apa yang disebut Pengetahuan yang dibutuhkan (c ilm ul-Wajib) Allah. Ini juga disebut Penyirnaan(fana ').
- "Pindah kepada Allah adalah tahap di mana para pencari bergerak dari stasiun Nama dan Atribut bagi negara yang baik kata maupun tanda bisa menjelaskan. Ini adalah Negara Keberadaan kepada Allah disebut Baqa.
- "Pindah dari Allah adalah tahap di mana para pencari kembali dari dunia surgawi ke dunia sebab dan akibat, turun dari stasiun pengetahuan tertinggi sampai yang terendah. Di sini ia melupakan Allah oleh Allah, dan dia mengetahui Allah dengan Allah, dan ia kembali dari Allah kepada Allah. Ini disebut Negara terjauh dan terdekat.
- "Pindah dalam hal-hal adalah sebuah gerakan dalam penciptaan.. Ini melibatkan seluruh elemen tahu intim dan negara-negara di dunia ini setelah lenyap di Penyirnaan Di sini para pencari dapat mencapai Bimbingan Negara, yang merupakan keadaan para nabi dan orang-orang berikut jejak Nabi SAW . Ini membawa Pengetahuan Ilahi ke dalam dunia ciptaan untuk membangun Bimbingan.
"Seluruh proses ini seperti threading jarum. The. Thread mencari dengan mata jarum, melewati dan kemudian mulai turun ke tempat itu mulai ada dua ujung bertemu, bentuk simpul dan mengamankan seluruh thread. Mereka membentuk satu keseluruhan, benang, mata dan jarum, dan setiap bahan hasil tangkapan mereka ke dalam kain dijahit kesatuan. "
"Ini harus diketahui oleh semua orang bahwa Syekh Naqshbandi memilih untuk membimbing murids mereka pertama melalui gerakan dari Allah, perjalanan dari negara-negara yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah. Karena alasan ini mereka mempertahankan tabir umum atas visi spiritual murid itu, menghapus tabir kesadaran biasa hanya pada langkah terakhir,. lainnya Semua tariqat dimulai dengan gerakan untuk Allah bergerak dari negara-negara terendah ke tertinggi, dan menghapus tabir umum pertama. "
"Hal ini disebutkan dalam Hadis Nabi SAW , "Cendekiawan adalah pewaris para nabi." Pengetahuan tentang nabi adalah dua macam: pengetahuan tentang hukum dan pengetahuan rahasia. ulama tidak bisa disebut pewaris jika dia tidak mewarisi kedua pengetahuan. Jika ia hanya membutuhkan waktu satu pengetahuan yang tidak lengkap. Dengan demikian, pewaris sesungguhnya adalah orang-orang yang mengambil pengetahuan dari hukum-hukum dan pengetahuan rahasia, dan hanya orang-orang kudus telah benar-benar diterima dan dilindungi warisan ini. "
Dia meninggalkan di belakangnya banyak buku lagi. Dia meninggal pada tanggal 17 Safar 1034 H. pada usia 63. Ia dimakamkan di desa Sirhind. Dia adalah seorang Syaikh dalam empat tariqat: Naqshbandi, Qadiri, Chisti dan Suhrawardi. Dia lebih memilih Naqshbandi, karena ia berkata, "Ini adalah Bunda dari semua tariqat."
Dia melewati rahasia dari Thariqat untuk Syaikh Al-Ma jumlah c Muhammad (q).

Tidak ada komentar: